-->

Tabungan Emas BNI Syariah (Cara Kerja, Syarat Dan Simulasinya)

Perbankan kini telah berkembang, dari sekedar tempat anda menyimpan uang menjadi platform yang menawarkan jenis investasi lainnya. Salah satu investasi tersebut ialah tabungan emas atau pembiayaan kepemilikan emas.

tabungan emas bni syariah
Pembiayaan Emas BNI Syariah iB Hasanah. Bagaimana Cara Kerja, Syarat Serta Simulasinya ?


Sejak 2013, Bank BNI yang merupakan bank bumn telah memberikan pelayanan kepada masyarakat lewat program pembiayaan emas yang lebih umum dikenal masyarakat sebagai Tabungan Emas BNI Syariah dengan skema berupa angsuran bulanan.

Buat anda yang ingin melakukan investasi emas, pembiayaan emas di BNI Syariah dapat menjadi salah satu pilihan menarik, karena prinsip investasinya yang berbeda dengan tabungan emas konvensional seperti Tabungan Emas Pegadaian.

Yuk kita lihat bagaimana cara kerja, syarat pembukaan serta simulasi dari Tabungan Emas BNI Syariah dibawah...


Bagaimana Pembiayaan Emas BNI Syariah Bekerja



Pembiayaan emas BNI secara resmi bernama BNI Emas iB Hasanah yang berada di bawah BNI Syariah. 

Cara kerja BNI Emas iB Hasanah ialah memberikan pembiayaan kepada nasabah untuk memiliki logam mulia berbentuk emas batangan. Nantinya nasabah yang mengambil program ini memiliki kewajiban untuk mengangsur emas batangan tersebut. Selama masa angsuran berlangsung, emas batangan disimpan oleh Bank BNI.

Sebagai informasi, emas batangan yang disediakan pembiayaannya merupakan emas batangan bersertifikat produksi PT. Antam. Lewat program iB Hasanah ini diharapkan masyarakat memiliki logam mulia dengan nilai cicilan yang stabil.

Nilai maksimal untuk kepemilikan 1 logam mulia dibatasi sebesar 250 juta rupiah. Sementara jangka waktu cicilan yang diberikan iB Hasanah adalah 2 hingga 5 tahun. Yang menarik dalam program pembiayaan ini adalah tidak adanya penalti apabila anda ingin melakukan pelunasan lebih cepat dari tenor.

Bila anda mengambil program cicilan 5 tahun, namun anda ingin melunasinya di tahun ke 2, anda bisa langsung melunasi sisa cicilan yang ada saja tanpa adanya biaya tambahan.

Lumayan sekali, apalagi mengetahui kalau harga emas biasanya naik dari tahun ke tahun. Enaknya lagi, kalau anda ingin menjual emas di saat anda telah melunasi pembiayaan emas iB Hasanah, yang akan digunakan adalah harga pada saat penjualan emas.

Nilai pembiayaan yang diakomodir oleh pihak bank adalah sebesar 80% dari nilai objek. Jadi, 20 % sisanya harus anda bayarkan di depan sebagai uang muka.

Pembiayaan emas BNI Syariah ini menggunakan Akad Mudharabah yang membuatnya berbeda dengan tabungan konvensional. Penting bagi anda untuk mengetahui apa itu akad mudharabah agar gambaran pembiayaan emas BNI menjadi lebih jelas.

Apa Itu Akad Mudharabah ?


Akad Mudharabah merupakan sebuah kerjasama yang mencakup dua pihak, dimana pihak pertama disebut sebagai Shohibul Mal, atau nasabah yang diberikan pembiayaan. Sementara pihak kedua disebut dengan Mudharib, yang merupakan pihak pemberi pendanaan/Bank.

Transaksi kedua belah pihak ini akan didasari dengan harga emas yang berlaku ditambah dengan margin yang disepakati. Pihak Bank akan menginformasikan terlebih dahulu mengenai harga emas yang akan nasabah angsur per bulannya nanti.

Gampangnya seperti ini, pihak bank nantinya akan membelikan emas yang anda miliki terlebih dahulu, setelah itu mereka akan menjual emas tersebut dengan harga yang sudah diberi margin, atau dinaikkan dari harga awal pembelian mereka. Setelah itu nasabah dapat membayar emas tersebut dengan nilai angsuran per bulan yang flat.


Di bawah ini adalah syarat serta dokumen yang dibutuhkan untuk mendapat pembiayaan BNI Emas iB Hasanah.

Syarat Pembiayaan BNI Emas iB Hasanah


  1. Berstatus pegawai aktif/pengusaha/profesional dan lainnya.
  2. Berada pada rentang usia 21 tahun sampai 60 tahun.
  3. Berpenghasilan tetap.


Dokumen Pembiayaan BNI Emas iB Hasanah


  1. Formulir permohonan pembiayaan BNI iB Hasanah.
  2. Fotocopy KTP.
  3. Fotocopy NPWP.
  4. Fotocopy Kartu Identitas Pegawai.

Keunggulan Pembiayaan Emas BNI Syariah Antara Lain


  • Logam mulia yang menjadi objek pembiayaan memiliki sertifikat keluaran Antam.
  • Angsuran per bulan tetap tanpa kenaikan, meski harga emas naik.
  • Margin yang kompetitif
  • Nilai pembiayaan mencapai maksimum Rp 250 juta.
  • Bila anda memiliki rekening BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan debet otomatis.
  • Biaya administrasi yang cenderung ringan.
  • Jangka waktu pembiayaan bervariasi 2 hingga 5 tahun.

Simulasi Tabungan Emas BNI Syariah



Bila anda tertarik dengan pembiayaan emas BNI Syariah iB Hasanah dan ingin melakukan simulasi terhadap nilai pembiayaan, jangka waktu, serta angsuran bulanan anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka link simulasi pembiayaan BNI Syariah disini. Anda akan melihat halaman simulasi seperti di bawah :

tabungan emas bni syariah, simulasi tabungan emas

2. Masukkan data-data yang dibutuhkan pada kolom Jenis Pembiayaan, Jangka Waktu/Termin dan Nilai Objek.

3. Klik kalkulasi.

4. Anda akan mendapatkan data mengenai uang muka yang dibutuhkan, nilai pembiayaan bank, angsuran per bulan serta minimal gaji/pendapatan per bulannya.


Pada contoh ini saya memasukkan data-data input simulasi sebagai berikut :

Jenis Pembiayaan > Emas iB Hasanah
Jangka Waktu/Termin > 36 Bulan
Nilai Objek  > Rp 20.000.000

tabungan emas bni syariah, simulasi tabungan emas
Pengisian Data-Data Input Simulasi

Dan nilai simulasi yang saya dapatkan adalah sebagai berikut...

tabungan emas BNI syariah, simulasi tabungan emas
Hasil Simulasi Pembiayaan Emas iB Hasanah

Nilai Objek > Rp 20.000.000
Uang Muka > Rp 4.000.000
Nilai Pembiayaan Bank > Rp 16.000.000
Total Pembiayaan > Rp 16.000.000
Angsuran/Bulan > Rp 444.444
Minimal Gaji Pendapatan per Bulan > Rp 1.111.111


Note : Angka angsuran/bulan di atas adalah angka yang belum diberi margin. Angka final setelah diberi margin dari pihak bank, akan lebih besar.

Tabungan Emas Di Bank-Bank Lainnya



Sudah banyak bank yang kini menyediakan program tabungan emas pada layanannya. Keuntungan tabungan emas di bank salah satunya adalah jangkauannya yang luas di mana mayoritas masyarakat hingga daerah pelosok sudah memiliki rekening bank.

Bank-bank BUMN sebagian besar sudah menyediakan program tabungan emas / pembiayaan emas, antara lain Tabungan Emas Mandiri, Tabungan Emas BRI dan Tabungan Emas BTN. Bank swasta pun mengikuti trend menyediakan tabungan emas / pembiayaan emas dalam layanannya, salah satunya adalah Tabungan Emas BCA Syariah.


Jadi, bagaimana menurut anda investasi pembiayaan emas di perbankan ?
LihatTutupKomentar
Cancel