-->

Performa 5 Reksadana Syariah Terbaik May 2020

Halo rekan investor !

Yuk, simak bagaimana performa reksadana syariah sampai bulan Mei 2020 ini, dan produk reksadana mana saja yang layak kamu koleksi.


Kinerja Reksadana Syariah Terbaik
Ilustrasi Reksadana Syariah Terbaik




Tahun 2020 sudah hampir berjalan separuhnya menuju pertengahan tahun. Para investor sedikit banyak sudah harus dapat meraba bagaimana perjalanan investasi yang mereka kembangkan. Reksadana syariah sebagai wadah investasi dengan prinsip syariah menunjukkan keunggulan jenis reksadana pasar uang syariah yang menampilkan kinerja positif sampai tanggal berjalan.

Memburuknya situasi di Indonesia di tengah pandemi Covid-19 mengakibatkan terkoreksinya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang anjlok hingga 27%. Hal tersebut berkorelasi dengan buruknya kinerja reksadana saham, yang turun 24% berdasarkan Index Reksadana Saham Syariah. Koreksi pada index saham tersebut juga berdampak pada loyonya performa reksadana campuran berdasarkan Index Reksadana Campuran Syariah yang mencatatkan minus 11% (ytd).

Sementara itu menurunnya nilai pasar obligasi pada minggu ketiga maret tahun ini berdampak pada penurunan NAB reksadana pendapatan tetap syariah, meskipun di 3 bulan pertama tahun ini sempat menunjukkan return positif. Tidak lain dan tidak bukan, ialah krisis Covid-19 yang menjadi trigger keluarnya dana asing dari pasar obligasi Indonesia.

Bagaimana dengan reksadana pasar uang syariah ?

Di tengah uncertainty kondisi Indonesia dari serangan Covid-19, yang menyebabkan koreksi besar-besaran pada pasar saham, serta capital outflow yang cukup signifikan dari pasar obligasi, reksadana pasar uang syariah dapat menjadi pilihan bagi para investor sebagai tempat penyimpanan dana sementara sambil wait and see.

Ya rekan investor, sampai Bulan Mei ini hanya Index Reksadana Pasar Uang Syariah yang mencatatkan pertumbuhan positif, yakni sebesar 1.12 %.

Penjelasan Singkat Mengenai Apa Itu Reksadana Syariah


Reksadana syariah merupakan jenis reksadana yang dalam pengelolaannya menerapkan prinsip-prinsip syariah serta memiliki pegangan berupa Daftar Efek Syariah yang dikeluarkan oleh OJK sebagai acuan investasinya.

Jadi tidak semua industri yang membutuhkan suntikan dana dapat dijadikan pilihan untuk menempatkan modal kelolaan oleh manajer investasi reksadana syariah. Industri minuman keras serta bisnis perjudian merupakan salah dua contoh yang wajib dihindari oleh para manajer investasi reksadana syariah.

Reksadana syariah sendiri harus mendapatkan fatwa dari Dewan Syariah Nasional dan memiliki Dewan Pengawas Syariah yang bertugas memonitor elemen-elemen kesyariahan berbagai investasi dari reksadana syariah.

Seperti itulah singkatnya pengertian reksadana syariah serta berbagai kewajiban yang harus dipenuhi. Jadi untuk anda yang memiliki minat investasi namun memiliki keraguan bahwa dana anda nantinya ditempatkan di industri non halal, reksadana syariah dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan keraguan tersebut.


5 Reksadana Syariah Terbaik (ytd Mei 2020)


Tanpa panjang lebar lagi, berikut daftar 5 reksadana syariah terbaik hingga bulan Mei 2020 :

1. Sucorinvest Sharia Money Market Fund

Tipe Reksadana : Pasar Uang
Manager Investasi : Sucorinvest Asset Management, PT
Return (ytd Mei 2020) : 2.68 %
Nilai Aktiva Bersih (ytd Mei 2020) :Rp 1124

2. PNM Amanah Syariah

Tipe Reksadana : Pendapatan Tetap
Manager Investasi : PNM Investment Management, PT
Return (ytd Mei 2020) : 2.44 %
Nilai Aktiva Bersih (ytd Mei 2020) : Rp 2232

3. Insight Money Syariah

Tipe Reksadana : Pasar Uang
Manager Investasi : Insight Investments Management, PT
Return (ytd Mei 2020) : 2.28 %
Nilai Aktiva Bersih (ytd Mei 2020) : Rp 1300

4. Capital Sharia Money Market

Tipe Reksadana : Pasar Uang
Manager Investasi : Capital Asset Management, PT
Return (ytd Mei 2020) : 2.25 %
Nilai Aktiva Bersih (ytd Mei 2020) : Rp 1151

5. BNI-AM Dana Lancar Syariah

Tipe Reksadana : Pasar Uang
Manager Investasi : BNI Asset Management, PT
Return (ytd Mei 2020) : 2.22 %
Nilai Aktiva Bersih (ytd Mei 2020) : Rp 1499




Dapat anda perhatikan bukan, bahwa dari daftar 5 reksadana syariah terbaik hingga Bulan Mei ini didominasi oleh 4 reksadana pasar uang syariah, dan hanya ada 1 reksadana pendapatan tetap yang bertengger di sana.

Kondisi pandemik Covid-19 yang mengguncang pasar finansial termasuk di Indonesia membuat para investor harus beradaptasi dengan menyusun proporsi portfolionya ke investasi dengan risk yang paling minimum, tidak terkecuali pada reksadana syariah.

Performa reksadana saham yang dapat menghasilkan  cuan hingga ratusan persen di tahun lalu, agaknya sulit kembali terulang di 2020. Sementara reksadana pasar uang syariah yang memiliki stabilitas dapat terus diandalkan untuk membukukan return positif.


LihatTutupKomentar
Cancel